Tuesday, September 19, 2017

Masalah Orang Berkepribadian Introvert

Masalah yang Biasa Dihadapi penulis yang menurut penulis masuk kriteria introvert.

 

Sebagai salah satu kaum introvert, saya ingin mencurahkan tentang bagaimana rasanya jadi introvert dan masalah apa aja yang biasa dihadapi introvert di kehidupan. Jadi, masalah apa saja yang biasanya dihadapi introvert di kehodipan sehari-hari?

1. Susah Berbaur Karena Pendiam


Introvert sangat terkenal dengan sifatnya yang jarang mengeluarkan sepatah kata dari mulutnya. Mereka lebih tertarik untuk memperhatikan dan mendengarkan daripada membuang-buang tenaga untuk berbicara. Mereka berbicara seperlunya aja jika ditanya, itupun dengan jawaban yang singkat. Karena itu biasanya mereka memiliki kesulitan untuk berbaur dengan orang lain. Akan tetapi ketika di hadapkan pada sebuah kewajiban dalam hal pekerjaan atau apapun yang sifatnya wajib sebenarnya seorang introvert dapat bergaul dan membaur, terlebih jika seorang introvert bertemu dengan seseorang yang memiliki visi ataupun misi yang sama.

2. Susah Keluar Rumah


Karena sifatnya yang pendiam dan malas untuk berinteraksi dengan banyak orang, introvert biasanya lebih suka diam di rumah, daripada jalan-jalan. Kalau jalan-jalan pun, mereka lebih suka pergi ke tempat yang sepi atau sedikit orangnya, ketimbang tempat yang ramai dan padat orang.Dapat di katakan seorangintrovert keluar rumah hanya ke tempat yang penting menurutnya (atau dan hanya jika ada keperluan saja)

3. Jarang Bisa Ngelucu


Seorang introvert itu biasanya ngebosanin dan susah ngelucu, kalau ngelucu, biasanya juga garing. Seorang introvert juga biasanya gak terpisah dengan suasanaawkward. Untuk itu, hanya orang-orang tertentu yang biasanya bisa bertahan dengan si introvert. Hal ini disebabkan karena mereka jarang berinteraksi dan jarang berbicara, jadi kurang terlatih untuk bisa mengekspresikan dirinya dengan orang lain.Karena kurang terlatihnya berbicara, terkadang apa yang dikatakan akan dipikirkannya kembali, apakah ucapannya itu menyinggung perasaan lawan bicara ataukah tidak. Ketika berbicara hanya yang menurut dia perlu dikatakan.Seorang introvert akan berbicara banyak yaitu ketika diharuskannya berbicara banyak dalam hal pekerjaan ataupun untuk menjadi pembicara, baru seorang introvert dapat berbicara banyak.

4. Suaranya Kecil


Orang-orang introvert biasanya memiliki suara yang kecil. Ini merupakan salah satu alasan kenapa introvert malas berbicara. Karena suaranya yang kecil, jadinya sedikit orang yang biasanya mau mendengarkan mereka. Kalau anda bertanya, kenapa introvert memiliki suara yang kecil? Itu disebabkan karena mereka jarang mengeluarkan suara (berbicara atau berteriak), jadi pita suaranya kurang terlatih.Ketika ada juga yang memang memiliki suara bawaan yang besar/ keras, tentunya akan bersuara keras.

5. Susah Kerja Kelompok


Sikapnya yang susah berinteraksi, membuat introvertsering susah untuk bekerja dalam kelompok. Mereka lebih terbiasa bekerja secara individu. Bekerja sendiri membuat introvert merasa lebih nyaman, karena mereka bisa lebih fokus dan lebih leluasa dalam bekerja. Selain itu, bekerja sendiri menghindarkan mereka dari kebisingan.Dan biasanya seorangintrovert akan dapat diajak untuk kerja kelompok ketika mereka memiliki visi dan misi yang sama.

6. Kurang Nyaman Di Keramaian


Keramaian merupaka hal yang kurang disenangi olehintrovert. Biasanya, berada di tempat keramaian membuat mereka gelisah dan cepat lelah. Karena berbeda dengan extrovert, introvert mendapat energi dari ketenangan dan kesunyian. Jadi, ketika introvert berada di tempat yang ramai, biasanya mereka akan cepat bosan dan lelah, karena energi mereka cepat terkuras.

7. Sering Terperangkap Dalam Kesepian


Walaupun introvert suka dengan suasana yang tenang dan sunyi, mereka sering secara otomatis terperangkap dengan rasa kesepian. Tapi, masalah ini biasanya cuman berlaku dengan introvert yang jomblo.

8. Susah Dapat Pacar


Ini masalah terakhirnya, introvert itu lebih susah mendapatkan pacar daripada extrovert. Ini disebabkan karena kurangnya interaksi dengan dunia luar dan sifat pendiamnya, sehingga membuat introvert sulit untuk menemukan jodohnya. Kemungkinan juga, mereka sudah menemukan jodohnya, hanya saja karena susah berbicara, jadinya ditikung sama orang lain.

Seorang introvert, akan dapat keluar dari kesusahannya ketika mereka menemukan jalan untuk dapat berbaur. Akan tetapi bagi seorang introvert hal ini akan dirasa sungguh sulit ketika dalam bergaul tidak memiliki visi dan misi yang sama dengan dirinya. Dalam hal pekerjaan, seorang introvert akan lebih dapat menempatkan diri sebagai exstrovertkarena faktor kewajibannya, akan tetapi cukup memerlukan waktu dalam bergaul, dikarenakan mereka akan mencari kenyamanan dalam bergaul dan menyatukan ataupun menyamakan visi atau misi pekerjaan.


0 comments:

Post a Comment