Saturday, September 16, 2017

Faktor Penyebab Seseorang Mempunyai Karakter Introvert



Para psikolog mengatakan bahwa kepribadian ini merupakan bawaan dari lahir dan juga pengaruh dari lingkungannya. Sifat bawaan lahir adalah urusan Tuhan akan tetapi sifat introvert juga dipengaruhi oleh lingkungannya. 

Misalnya orang tua lebih banyak menekan, memarahi, dan menjatuhkan kepercayaan diri anaknya, maka dapat berakibat hilangnya kepercayaan diri dan menyebabkan anaknya takut untuk melakukan sesuatu karena dipikirannya apabila dia melakukan hal tersebut dia akan dipandang salah. Ini menyebabkan dia lebih suka menutup diri saja ketimbang menunjukan kemampuan yang sebenarnya ia miliki.

Inna Fishman, peneliti dari the Salk Institute for Biological Sciences, di California, Amerika Serikat, meneliti dua kepribadian ini menggunakan P300, ketika mereka dihadapkan dengan wajah orang dan juga sekuntum bunga. 

Hasilnya, otak para ekstrovert ternyata lebih memerhatikan wajah orang dari pada hal lain, seperti benda mati. Sedangkan otak orang introvert tidak memiliki perbedaan yang signifikan ketika merespon wajah orang dan bunga.Menurut Fishman, para introvert tidak menempatkan wajah orang pada stimuli sosial, dari pada stimuli lainnya seperti bunga tadi.

"Artinya, introvert, atau otak mereka, cenderung acuh tak acuh pada orang. Meskipun mereka tetap bisa menerima, meninggalkan, menolak, dan bahkan berbicara pada mereka. Tapi, otak mereka memperlakukan interaksi dengan orang sama seperti mereka berhadapan dengan hal lain, seperti benda," jelas Fishman.


0 comments:

Post a Comment